Serba-serbi Berkereta Api di India Dalam 2804 km

Serba-serbi Berkereta Api di India Dalam 2804 km
Kisah perjalanan Indri Juwono A'96 dalam perjalanannya menggunakan kereta di India

“The trains always arrive at your station. The question is which one to take?”
― Mehmet Murat ildan

Buat yang sering menyimak berita-berita transportasi India, pasti tahu bahwa kereta api adalah transportasi utama yang menjadi favorit banyak warga di negeri ini. Jalur kereta membentang dari dataran rendah Kerala hingga Darjeeling di atap dunia. Yang paling umum digunakan turis adalah Kolkata-Varanasi-Agra-Delhi, jalur yang sudah berfungsi sejak tahun 1860. Atau bisa juga melipir ke sisi-sisi lain dari ujung-ujung kota, hampir selalu bisa dicapai dengan kereta.

Kereta di India ditarik sebagian besar dengan lokomotif diesel dan menggunakan gerbong jenis broad track gauge dengan lebar rel 5 ft 6 in/​1,676 mm seperti yang digunakan untuk BART system di San Fransisco, lebih besar daripada yang biasa digunakan di Indonesia. Karena itu, lebar gerbongnya cukup besar untuk diisi dengan susunan kursi yang cukup besar dalam semi kompartemen dalam gerbongnya.

Dengan dataran kontinen yang cukup besar, kereta api menjadi alat angkut utama yang bisa membawa penduduk India berpindah dari satu propinsi ke propinsi lainnya. Jalur kereta ini lebih utama sebagai jalur perdagangan dari daerah Rajahstan hingga Bengali dan sebaliknya. Setelah mengalami masa yang panjang sebagai angkutan rakyat yang bisa membawa siapa saja semaksimal mungkin, sekarang dinas perkereta apian India sudah jauh lebih teratur sehingga perjalanan dengan kereta bisa dilakukan dengan nyaman, bahkan untuk turis sekali pun.

Memesan Tiket Kereta di India

Untungnya tiket bisa dipesan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan dengan sistem online, paling lambat hingga tiga bulan sebelum tanggal keberangkatan. Namun, memesan tiket ini agak susah-susah gampang. Pertama, harus mendaftar dulu melalui situs IRCTC (India Railways Catering And Tourism Corporation) untuk mendapatkan user ID. Bagi warga India, hal ini mudah saja, karena kode verifikasinya akan dikirimkan melalui nomor ponsel lokal dan email. Namun bagi warga non India sepertiku, sesudah mendaftarkan diri melalui situs IRCTC, maka harus mengirim scan paspor dan keterangan ke care@irctc.co.in. Setelah menunggu harap-harap cemas mulai tiga hingga empat belas hari, customer care ini akan membalas dengan kiriman kode verifikasi yang harus diisikan pada saat used ID IRCTC diaktifkan.

IRCTC Registration

Email from IRCTC

Jika user ID IRCTC sudah aktif, maka untuk memilih kereta bisa menggunakan situs CLEARTRIP. Kan, agak ribet? Nah, dengan Cleartrip ini lebih mudah, karena agak mirip dengan situsnya PT KAI, di mana tinggal memasukkan kota asal, tujuan, serta kelas yang diinginkan, lalu keluarlah pilihan kereta yang bisa dinaiki hingga ke tujuan. Tinggal dipilih tempat duduknya, masukkan nomor paspor, dilanjutkan ke pembayaran dan bisa dibayar dengan kartu kredit seperti halnya kalau membeli barang-barang online.

Search trains

Dalam beberapa menit sesudah pembayaran selesai, maka akan masuk e-ticket ke email dari Cleartrip, yang menandakan pembelian sudah sah, dan bisa dicetak untuk keperluan mengajukan visa (jika diperlukan itinerari) atau untuk dibawa apabila diperiksa petugas nanti. Sesudah itu, pembelian bisa dilanjutkan hingga 10 tiket berikutnya, karena India mengenakan kuota sebesar 10 tiket per bulan untuk pemesanan dengan user ID IRCTC yang sama. Untunglah aku hanya melakukan 5 perjalanan dengan kereta api sehingga kuota ini pas benar terpakai.

Tapi jangan lupa untuk benar-benar memesan jauh hari sebelum keberangkatan, untuk amannya maksimal 3 minggu sebelumnya, karena seperti yang sudah diceritakan di atas bahwa kereta ini adalah transportasi favorit, maka ketersediaan kursi pun terbatas.

Stasiun-stasiun

Nama stasiun harus sangat diperhatikan ketika memesan tiket kereta, harus cukup dekat dengan penginapan atau destinasi wisata yang hendak dituju. Beberapa kota tidak hanya memiliki satu stasiun, sebutlah Kolkata dengan Howrah Junction, Sealdah, dan Chitpur, tergantung relasi yang akan dituju. Bahkan kota wisata seperti Agra juga terdapat dua stasiun seperti Agra Fort dan Agra Cantt. Apalagi kota besar sekali seperti Delhi, harus sangat tahu stasiun mana yang dituju, jangan sampai kelewatan dan harus memutar jauh. Jarak stasiun dan penginapan ini bisa dengan mudah dilihat dengan google map.

...........................

Baca lebih lengkap lagi di blog Indri.

 

Tagar: 

Foto-foto: 

Kredit Foto: 

Tulis Komentar

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.